Tuesday, January 31, 2012

consistence. determination. period.

Consistence and determination. Two things that should be there, at the top of my resolution list this year. Too bad, I've already promised myself to stop writing 'resolution list' or such. Well, at least it's my time to work on some consistency here. And I'm more than determined to do so.

***

Begitulah bagaimana akhirnya saya membiarkan list resolusi tahun 2012 ini kosong begitu saja. Benar-benar kosong. Saya lelah sebenarnya, setiap akhir tahun selalu dikejar-kejar meng-evaluasi diri, yang dilanjutkan dengan membuat sebuah daftar panjang pencapaian baru di tahun mendatang, sebagai hasil dari proses sebelumnya tadi. Jujur saja, saya menganggap semua effort itu tidak sebanding, karena pada akhirnya sebagian besar dari resolusi yang saya buat setiap tahunnya lebih banyak yang gagal dicapai daripada yang benar-benar berhasil. Mulai dari resolusi penting seperti 'mengejar impian sebagai penulis pro' atau yang remeh seperti 'menurunkan berat badan'.

Anehnya, ketika saya memutuskan untuk berhenti membuat daftar resolusi, beberapa hal baik yang tidak terduga mulai terjadi. Tapi tolong, jangan pikir tulisan ini akan mengarah ke sebuah pembahasan dimana inti dari semua ini hanya 'berpasrah'. It's not even close to the main message i want to share here.

***

Kalau boleh membeberkan hasil survey kecil-kecilan saya mengenai 'faktor-faktor pembunuh resolusi', dua kata yang bisa menyimpulkan semuanya mungkin adalah 'konsistensi' dan 'determinasi'.

Karena pada dasarnya, resolusi apapun yang kita buat, sepanjang apapun daftarnya, dan se-spektakuler apapun hasilnya kalau akhirnya tercapai, semuanya cuma omong kosong dengan kurangnya konsistensi dan determinasi. Dua kata paling ampuh untuk melawan kata 'malas', 'takut', 'bosan', dan 'tidak mungkin', yang biasanya menjadi kendala utama dalam mewujudkan sebuah resolusi.

so why don't we just save our energy, with cutting off all those resolution-writing-bullshits, and concentrating to only these words : Consistence and Determination. They fit to any kind of goals you have in mind, and  may come with some added bonus called, 'element of surprise'.

You won't know how far you could go with something, until you apply the magic words.

***

"Life doesn't need us to be upgraded by some listings, that at the end only barrier us from a lot of unpredictable things. It only needs us to be persistence with whatever we're doing at the moment."

 
***

[ weheartit.com ]






p.s. : If you're still insist to make some resolution list, well, i suggest you to save an effort and just write this down 'Consistence. Determination. Period.'


No comments:

Post a Comment